Ultah Ke 10, Google Buat Pembaruan Besar Chrome

Jakarta - Di ulang tahunnya yang ke-10, tampilan Google Chrome dirombak besar-besaran. Kini menonjolkan tampilan sudut yang lebih membulat dan diberikan fitur baru.

Tampilan baru Chrome mengikuti konsep Material Design 2 milik Google yang lebih modern. Selain di versi desktop, pembaruan ini juga hadir di versi mobile untuk Android dan iOS.

"Seluruh versi Chrome mendapatkan bentuk yang lebih membulat, ikon baru dan palet warna baru. Pembaruan ini memiliki tampilan yang lebih sederhana dan semoga akan meningkatkan produktivitas," kata anggota tim Chrome, Ellie Powers dan Chris Beckmann dalam blog post-nya, seperti dikutip detikINET dari CNET, Kamis (6/9/2018).

Baca juga: Selamat Ulang Tahun, Google Chrome!

Perubahan tampilan yang paling jelas terlihat di bagian tab dan bagian address bar yang disebut 'omnibox'. Tab di Chrome sekarang hadir dengan bentuk persegi panjang dan sudut yang membulat, berbeda dengan bentuk trapesium yang sebelumnya digunakan.

Sedangkan omnibox Chrome sekarang berbentuk oval dan memiliki segudang fitur baru. Seperti langsung menampilkan jawaban pertanyaan lewat tampilan drop down. Kemudian, tidak lama lagi omnibox akan bisa menampilkan dokumen dari Google Drive pengguna.

Chrome versi 69 juga hadir dengan built-in password manager yang sangat memudahkan pengguna. Fitur ini tidak hanya mengingat password pengguna di setiap situs, tetapi juga menyarankan password baru yang unik saat pengguna mendaftar di situs baru.

Baca juga: Genap Berusia 20 Tahun, Begini Sepak Terjang Google

Selain itu, di Chrome desktop terdapat pengaturan yang bisa mengubah latar belakang tab yang baru dibuka. Pengaturan ini bisa diakses melalui ikon di bagian kanan bawah tab yang baru dibuka.

Sedangkan untuk Chrome mobile di iOS, Google memindahkaan toolbar-nya di bagian bawah sehingga lebih mudah diakses. Selain itu, seluruh tab yang dibuka tampil sebagai thumbnail, bukan deretan panel seperti sebelumnya, ketika ingin berganti tab.

(afr/afr)

Source : https://inet.detik.com/mobile-apps/d-4199665/ulang-tahun-ke-10-tampilan-google-chrome-dipermak

Ulang Tahun Ke-10, Tampilan Google Chrome Dipermak